Polemik Tanah Batu Ampar: Hari Kedua Tim Kanwil BPN Bali Lakukan Penelitian Di Batu Ampar

JurnalPatroliNews – Batu Ampar,– Tim Kanwil BPN Provinsi Bali yang dipimpin Kakantah Buleleng telah menyelesaikan kerjanya. Selama dua hari mulai Kamis (9/2/2023) hingga Jumat (10/2/2023) Tim BPN telah melakukan penelitian fisik di hamparan tanah seluas 45 hektare yang kini dipenuhi tumbuhan liar dan hutan bakau.

Agenda hari kedua, Tim BPN fokus melakukan penelitian fisik lanjutan yang cukup melelahkan karena harus masuk keluar hutan belukar yang penuh duri dan lumpur.

Para petani bersama kuasanya NyomanTirtawan dengan penuh semangat menunjuk satu demi satu bukti seperti bekar bangunan rumah, bekas sumur kehidupan dan batas-batas tanah kepemilikan mereka. Tim BPN pun tidak kenal lelah mencatat dan mencocokkan dengan data yuridis yang mereka pegang.

Pemegang kuasa petani, Nyoman Tirtawan, sangat mengapresiasi kinerja Tim BPN Bali. “Pertama pasti saya apresiasi sebesar-besarnya dan respek atas apa yang dilakukan institusi BPN. Bagaimana tadi masyarakat menunjukkan bukti-bukti di antaranya bekas tempat tinggal, sumur kehidupan, dan tanaman seperti tanaman jati, dan itu sudah dihargai oleh pihak peneliti lapangan dari gabungan Kanwil BPN Bali dan Kantah Buleleng,” ungkap Tirtawan.

Komentar