Quick Response Tangani Banjir, Pj Bupati Buleleng Instruksikan Dinas PUTR Bersihkan Saluran Air di Kalibukbuk

Selain jangka pendek, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng juga mempersiapkan solusi jangka panjang. Namun, solusi jangka panjang tersebut harus dikoordinasikan dengan instansi terkait seperti Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida yang memiliki kewenangan melakukan perbaikan di sungai. Selain itu, ada instansi terkait lainnya yang bisa berusaha agar bencana banjir tidak terulang lagi di Desa Kalibukbuk.

“Itu ranah BWS. Jadi, kita akan rapat dengan BWS dan memberikan upaya konkrit dalam pencegahan banjir di Desa Kalibukbuk sebagai solusi jangka panjang. Minimal ada normalisasi sungai. Tapi, Pemkab Buleleng akan turunkan alat berat. Paling tidak untuk membersihkan saluran air ini,” ucap Lihadnyana.

Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Buleleng memberikan dampak kepada masyarakat. Untuk Desa Kalibukbuk, setidaknya ada 60 kepala keluarga yang sempat terendam banjir di Banjar Dinas Kalibukbuk. Sedangkan, Banjar Dinas Celuk Buluh, Desa Kalibukbuk yang berlokasi di pesisir terjadi banjir rob. Sebanyak 12 kepala keluarga terdampak banjir rob tersebut.

Pj Bupati Buleleng dan Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi menyalurkan bantuan kepada total 72 kepala keluarga yang terdampak bencana di Desa Kalibukbuk.

Komentar