Segera Dipulangkan! 7 WNA Filipina Korban Perdagangan Manusia Diserahkan ke Kanim Kelas II TPI Tahuna

“Saat ini ada proses keimigrasian yang harus kita lakukan. Karena ke-7 orang WNA ini butuh penanganan hingga nanti sampai kepulangannya. Jadi untuk pendeportasiannya kita perlukan juga pihak Negara Filipina, yakni Konjen Filipina yang ada di Manado. Dan kami akan tindaklanjuti, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa memulangkan ke-7 WNA ini. Untuk sementara ke-7 WNA akan berada di sini, dalam rangkaian proses kepulangan,” ujarnya.

Nantinya pihak Imigrasi tambah dia, akan melakukan pemeriksaan kesehatan kembali, bagi ke-7 WNA tersebut sebelum mereka dipulangkan. Seperti pemeriksaan test covid dan vaksin, jika mereka nantinya akan dipulangkan ke negaranya lewat maskapai di bandara.

“Selain itu kita akan berkoordinasi lagi dengan pihak pemerintah Filipina jika nantinya ada syarat kesehatan khusus bagi mereka. Harapannya sinergitas dengan pihak kepolisian dan pihak lainnya terkait permasalahan keimigrasian, terus berlanjut. Sehingga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe berjalan lancar,” tandasnya

Komentar