Seminar Kebertahanan Bali Segara: Sekda Dewa Indra Ingatkan Posisi Strategis Potensi Kelautan

Tiga narasumber yang hadir diharapkan dapat memberikan penjelasan secara komprehensif terkait keberadaan laut dan potensi yang terkandung di dalamnya.

Dipandu moderator Wayan Juniarta, tiga narasumber memaparkan materi secara bergantian. Pakar Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. I Ketut Sudiarta, M.Si membawakan materi terkait pentingnya menjaga kedaulatan laut.

Selanjutnya, Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso menyinggung besarnya potensi maritim yang dimiliki Indonesia, khususnya Bali. Dijelaskan olehnya, Indonesia memiliki laut seluas 6,4 km persegi dan 9.336 km persegi berada di wilayah perairan Pulau Bali.

“Sedangkan luas daratan Pulau Bali yaitu 5.590 meter persegi. Jadi kalau dibandingkan, memang jauh lebih luas wilayah lautnya,” paparnya.

Oleh sebab itu, laut menyimpan potensi yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga mengajak seluruh komponen melakukan aksi nyata untuk mewujudkan komitmen pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sementara itu, Penyarikan Agung MDA Bali I Ketut Sumarta menerangkan bahwa laut memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan Krama Bali.

Komentar