Siap-siap, Pemkot Tangsel Mulai Rapihkan 5 Ruas Jalan dari Kabel Menjuntai

JurnalPatroliNews – CIPUTAT – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Selatan) mulai merapihkan kabel-kabel menjuntai di lima ruas jalan di wilayah Tangerang Selatan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan saat melakukan peninjauan untuk melakukan penataan jaringan kabel, pada Kamis (18/04/2024).

“Ada 5 ruas jalan yang insyaallah akan kita akan masukan kabel-kabel optik masuk ke dalam tanah,” tegas Pilar.

Lima ruas jalan tersebut yakni, Jalan Serua Raya, Jalan Merpati Raya, Jalan Menjangan Raya, Jalan WR Supratman dan Jalan Kelurahan Ciater.

“Kita targetnya Tangerang Selatan itu ke depan terbebas dari kabel-kabel yang menjuntai melintang di atas. Jadi kita targetnya semua kalau tidak bawah tanah kita rapihkan one pull untuk beberapa operator, tapi rapih,” ucapnya.

Ia meyakini, jika ini dilakukan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangerang Selatan dapat meningkat. Termasuk melakukan pendataan secara lengkap bersama Apjatel untuk merapihkan kabel-kabel yang menjuntai.

“Kita buat rapih supaya estetika kota terjaga, dan tidak menganggu keselamatan pengguna jalan dan pengguna trotoar. Kan sudah banyak kasus-kasus akibat kabel menjuntai ini. Mereka sudah komitmen ya,” terang Pilar.

Penataan kabel ini kata Pilar, ditargetkan rampung pada tahun 2024. Apabila ruas jalan tersebut tidak bisa dilakukan subduct di bawah tanah, ia meminta untuk melakukan perapihan agar tidak ada yang menjuntai.

“Tiang-tiang yang dimiliki oleh Apjatel kita pangkas semua. Semuanya kita masukkan ke dalam tanah, mereka sudah siap tanpa APBD, jadi semuanya biaya dipersiapkan oleh temen-temen pengusaha jasa telekomunikasi,” kata Pilar.

“Ada beberapa jalan yang mungkin tidak subduct, ada satu pull untuk beberapa vendor itu bikin lebih rapih, tapi untuk beberapa ruas jalan yang memungkinkan kita masukin subduct di bawah tanah. Tahun ini sudah dimulai, insyaallah dalam waktu dekat, April atau Mei ini,” tambahnya.

Komentar