Wagub Bali Harap Pasokan Barang Tetap Rata dan Kontinyu Saat Rapat Koordinasi Dampak El Nino di Bali

Sementara Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan komitmennya untuk menyelamatkan bangsa melalui penyediaan pangan untuk Indonesia. “Kita harus optimis mau El Nino atau apapun kita hadapi, mari bersama berjuang, jadikan tantangan ini sebagai motivasi untuk bisa melakukan yang terbaik untuk bangsa,” tuturnya.

Selain itu, acara pada sore itu juga dibarengi dengan Deklarasi Champion Bawang Merah dan Cabai, untuk itu ia berharap para Petani Champion atau petani penggerak mitra pemerintah, bisa memberikan dampak positif terhadap sub sektor hortikultura dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. “Saya juga berharap para Petani Champion bisa jaga inflasi dan penyebaran pasokan yang lebih merata hingga seluruh Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI Prihasto Setyanto menjelaskan petani Champion berada di sentra-sentra produksi melaksanakan kegiatan pembelian cabai dan bawang merah dari petani dan mendistribusikan ke seluruh Indonesia. Wilayah defisit cabai atau bawang merah akan dipasok oleh Champion tersebut. “Di sini pemerintah memetakan wilayah surplus dan defisit cabai dan bawang merah, sehingga lokasi-lokasi defisit mendapatkan perhatian yang lebih,” papar Setyanto.

Komentar