Komitmen Nyata Lawan Krisis Perubahan Iklim, Apa Itu Bursa Karbon…?

Jenis Perdagangan Karbon
Jenis perdagangan karbon dibedakan menjadi dua. Pertama, jenis perdagangan karbon wajib. Pada perdagangan wajib ini, suatu negara menetapkan mekanisme cap and trade.

Cap and trade adalah mekanisme untuk menentukan kuota emisi karbon suatu perusahaan dalam periode tertentu berdasar kriteria yang ditetapkan oleh suatu negara.

Kedua, jenis perdagangan karbon sukarela. Perdagangan karbon jenis ini mengacu pada penerbitan, pembelian, dan penjualan kredit karbon secara sukarela.

Dalam perdagangan jenis ini, pihak yang tidak diwajibkan mengikuti mekanisme cap and trade tetap bisa bersumbangsih dalam pengurangan emisi karbon. Mereka bisa membeli karbon kredit dan nantinya dapat mengklaim status karbon netral.

Bursa Karbon memiliki dampak positif antara lain mengurangi emisi gas rumah kaca, menjaga kenaikan temperatur global, mengembangkan potensi pasar karbon Indonesia, peluang ekonomi baru, dan efisiensi energi dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

Perdagangan bursa karbon tak hanya berdampak positif terhadap lingkungan. Bursa karbon juga ternyata bisa membuka peluang ekonomi baru. Selain itu, bursa karbon menjadi salah satu harapan agar bumi yang ditinggali manusia masih memenuhi taraf layak huni.

Komentar