Luar Biasa! Cerita Sri Mulyani Bikin Menteri Negara Maju Terheran-heran, Kredibel !

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI baru saja menghadiri pertemuan G20 tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral di India. Disampaikannya, perwakilan dari negara maju tersebut tampak terkejut melihat situasi Indonesia saat ini, khususnya dalam pengendalian inflasi.

Ini merupakan upaya yang luar biasa, waktu saya sampaikan keberhasilan pak Mendagri dengan seluruh jajaran dan Pemda, itu banyak negara-negara G20 yang kemudian melihat ‘Oo caranya kaya gitu’,” ujar Sri Mulyani dalam acara Penyerahan Insentif Fiskal dalam Pengendalian Inflasi Daerah, Jakarta, Senin (31/7/2023).

“Karena saya sampaikan Indonesia negara besar, populasi dan geografinya besar, jadi kita cerita itu kredibel,” jelasnya.

Hal ini tentu akan berbeda dibandingkan dengan negara kecil, seperti Singapura. Kebijakannya tidak akan relevan dengan negara besar seperti anggota G20.

“Kalau bicara Indonesia, yang seluas seperti lebih luas dari Eropa dengan bentuknya kepulauan, jumlah populasi yang sangat besar kita bisa menurunkan inflasi tanpa mengandalkan suku bunga yang naik terlalu ekstrem, itu adalah suatu prestasi,” paparnya.

Indonesia, kata Sri Mulyani mungkin bisa jadi contoh bagi banyak negara lain dalam menempuh kebijakan mengendalikan inflasi.

“Itu menjadi salah satu test case-nya untuk dunia dan bisa juga jd textbook case untuk penanganan inflasi. Karena banyak saya liat negara-negara bahkan pada level Presiden, PM atau menteri mengatakan kami tahu inflasi itu berasal bukan dari sisi demand, ini dari supply tapi mereka gak bisa kemudian menyelesaikan masalahnya, mereka hanya mengatakan ini gak benar, masalahnya suku bunga jangan naik, tapi kemudian gak menyelesaikan masalah,” kata Sri Mulyani.

Komentar