Mengokohkan Ekosistem Karbon Biru Sebagai Langkah Mitigasi Perubahan Iklim

Nani Hendiarti, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan di Kemenko Marves, menyatakan bahwa sektor kelautan dan karbon biru akan diintegrasikan ke dalam target Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya strategis, KKP telah meluncurkan Profil Aksi Mitigasi Karbon Biru Lamun, hasil kerjasama dengan UNDP. Profil ini menyoroti pengurangan emisi dari ekosistem lamun, dengan tujuan melestarikan dan meningkatkan potensi penyimpanan karbon serta memulihkan habitat karbon biru.

Menyimpulkan, Victor mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim, menyadari bahwa kompleksitas masalah ini memerlukan komitmen dan solusi beragam. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono secara konsisten menegaskan pentingnya diplomasi maritim dan kerja sama internasional untuk mewujudkan strategi pembangunan ekonomi biru yang seimbang secara ekologis dan ekonomis di ruang laut.

KKP, sebagai pemangku utama dalam pengelolaan Ekosistem Karbon Biru di Indonesia, terus berupaya menjadikan ekosistem ini sebagai modal alam yang harus dikelola secara berkelanjutan.

Komentar