PAMA Terapkan Digitalisasi Keselamatan Di Area Pertambangan

JurnalPatroliNewsDigitalisasi Industri Pertambangan telah menjadi salah satu aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan. Transformasi operasional secara bertahap menjadi digital dilakukan untuk memberikan nilai tambah di seluruh rantai proses penambangan dan pengolahan mineral.

Selain itu upaya tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan aktivitas operasional yang optimal sekaligus efisien.

“Untuk mewujudkan budaya keselamatan yang unggul, PT Pamapersada Nusantara (PAMA) telah melakukan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi,” kata Herjadi Budiman, SHE Div. Head PT. PAMA didampingi Abdul Nasir Maksum, HCL Div. Head dan TH. Puguh Sasetyo, SRGS Div. Head, Jumat (23/2).

Dikatakannya, saat ini beberapa teknologi digunakan di PAMA diantaranya teknologi yang mendukung produktifitas dan Safety Health and Environment. Aplikasi dan teknologi yang berkaitan dengan SHE diantaranya:

  1. Fit to work prediction
  2. Camera supervision
  3. Mobile inspections
  4. GPS, radar & proximity technology

Dijelaskannya, dengan program optimalisasi pemanfaatan teknologi digitalisasi yang dibangun, bertujuan untuk meningkatkan perilaku kesadaran, kepatuhan, kepedulian terhadap prosedur serta aturan keselamatan perusahaan yang akan membantu penguatan implementasi behavior based safety (BBS) di area kerja PT Pamapersada Nusantara, dimana dari hasil pengukuran didapatkan tingkat budaya K3 berada pada level proaktif (Level 4) dengan 6PAS index 924.

“Hal ini ditunjukan juga dengan membaiknya kinerja Keselamatan Pertambangan PAMA dalam 3 tahun terakhif dimana frekuensi cidera (LTIFR) PAMA menunjukan trend menurun dari 0.09 di Tahun 2020 menjadi 0.036 di Tahun 2022 yang memberikan indikasi keberhasilan program yang dijalankan,” ungkapnya.

Pada era revolusi industry 4.0 yang berbasis teknologi digital telah menciptakan peluang-peluang baru dalam berbagai bidang. Perubahan pola kerja, otomatisasi, artificial intelligence, internet of things dan perubahan-perubahan lainnya yang akan membawa perubahan dalam bidang keselamatan pertambangan.

Sebagai dasar dalam membentuk budaya Keselamatan Pertambangan karyawan PT Pamapersada Nusantara menetapkan keyakinan mengenal keselamatan (safety beliefs) dan menetapkan pedoman bekerja aman dan selamat atau dikenal dengan 6PAS.

PT Pamapersada Nusantara telah memiliki Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan yaitu PAMA Syur Management System. Dimana sistem yang dimiliki oleh PAMA berdasarkan pada:

  1. Manual PSMS
  2. Kepdirjen Minerba No. 185 Tahun 2018 tentang SMKP
  3. ISO 45001:2018
  4. AGC bidang pertambangan (Astra International) 5. SDG’s Goals (aspirasi ESG terkait OHS)

Komentar