Penduduk Miskin di Kaltara Turun jadi 47.970 Jiwa

Sementara itu Gubernur Zainal mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara terus berupaya menekan angka kemiskinan melalui berbagai langkah. Mulai dari menyediakan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua anak adalah langkah penting untuk mengurangi kemiskinan.

“Menyediakan beasiswa dan peningkatan kualitas sekolah di daerah terpencil dapat membantu anak-anak dari keluarga miskin mendapatkan pendidikan yang layak dan meningkatkan peluang mereka di masa depan,” terang Gubernur.

Selanjutnya, adalah program pemberdayaan ekonomi dapat membantu warga miskin meningkatkan pendapatan mereka dan keluar dari kemiskinan. Ini meliputi pelatihan keterampilan, bantuan modal usaha, pembentukan koperasi, akses ke pasar dan peluang kerja, serta dukungan untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Saya juga telah menginstruksikan kepada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kaltara untuk memberikan pembekalan keterampilan usaha kepada masyarakat kita,” jelasnya.

Selain itu, peningkatan infrastruktur seperti jalan, jembatan, air bersih, sanitasi, energi, dan akses telekomunikasi dapat membuka aksesibilitas, mengurangi kesenjangan antara wilayah perkotaan dan pedesaan, dan menciptakan peluang ekonomi.

Tidak hanya itu, sektor pertanian dalam meningkatkan akses petani dan teknologi pertanian juga dapat membantu mengurangi kemiskinan di daerah pedesaan.

“Program bantuan pertanian, pelatihan, pembiayaan, dan pengembangan kelembagaan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan di Kaltara,” imbuhnya.

Kemudian layanan dasar seperti pemenuhan akses kesehatan berkualitas adalah faktor penting dalam menekan kemiskinan. Program-program peningkatan fasilitas kesehatan di daerah terpencil dapat membantu masyarakat miskin mendapatkan akses perawatan kesehatan yang diperlukan.

Sukses membawa Kaltara menjadi provinsi yang terus berubah, maju dan sejahtera. Gubernur Zainal juga mendapatkan apresiasi dari Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) Kaltara dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. 

Yakesma Kaltara merupakan lembaga amil zakat yang juga berkomitmen untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, memberikan pendidikan, pemberdayaan, serta melakukan dakwah di kalangan masyarakat. 

Apresiasi tersebut disampaikan Yakesma Kaltara pada saat Hari Jadi Kaltara ke-11 tahun berupa piagam kepada Gubernur sebagai tanda terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. 

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemprov Kaltara juga siap menjalin kerjasama yang lebih erat dengan lembaga seperti Yakesma, dan berharap kerjasama yang dilakukan membawa manfaat besar bagi masyarakat Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera. 

Komentar