Program Langit Biru! Pertamina Tahun Depan, Cuma Jual 3 Produk Bensin…?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyatakan bahwa tahun depan, perusahaan hanya akan menjual tiga produk bensin atau Bahan Bakar Minyak (BBM). Ketiga produk itu diantaranya adalah Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo.

Sebagai penjelasan produk BBM Pertamax Green 92 merupakan BBM Pertalite yang dicampur dengan etanol. Begitu juga dengan produk Pertamax Green 95 yang merupakan campuran Pertamax 92 dengan etanol.

“Kami akan keluarkan Pertamax Green 92-Pertalite dicampur etanol jadi 92. Jadi tahun depan 3 produk saja, Pertamax Green 92, 95 dan Turbo. Ini kita yakini dapat berikan manfaat,” ungkap Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR, Rabu (30/8/2023).

Sebagaimana diketahui, sesuai dengan mandatory yang sudah ada sejak tahun 2015 pencampuran BBM dengan etanol atau E2%, kemudian naik menjadi E5 ditahun 2016 dan terus meningkat menjadi E20 di tahun 2025.

Bahkan Pertamina juga memiliki program yang namanya ‘Langit Biru’. Di mana tahap pertama, program tersebut berhasil menaikkan BBM subsidi RON 88 atau Premium menjadi RON 90 atau Pertalite.

Nah, seiring berjalannya waktu program Langit Biru sesuai dengan rencana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahwa BBM yang boleh dijual sesuai dengan lingkungan adalah BBM dengan aspek RON 91.

“Program Langit Biru tahap 2 dari RON 90 ke RON 92. Sesuai KLHK, oktan yang boleh dijual itu 91, aspek lingkungan menurunkan emisi karbon, bioetanol, bioenergi terpenuhi dan menurunkan impor,” tanda Nicke.

Komentar