Pulihkan Ekonomi Nasional, Pemerintah Gandeng 23 Merek Favorit Indonesia

JurnalPatroliNews Jakarta – Pandemi membuat membatasi mobilitas penduduk relatif terbatas untuk menekan penyebaran Covid-19. Pemerintah optimistis Indonesia akan berhasil mengatasi pandemi secara gotong royong antara pemerintah dan perusahaan swasta. Salah satunya melalui kampanye GRAB Bersatu untuk Indonesia dengan 23 merek favorit Indonesia bertajuk “Bawa Merdeka Untuk Semua”.

“Saya menyampaikan apresiasi dan dukungan atas inisiatif Grab dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan meluncurkan kampanye bertajuk ‘Bersatu’ dengan tujuan utama untuk membantu dan mendukung masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19 dimana kampanye Bersatu ini akan bekerja sama dengan 23 merek favorit Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam  Konferensi Pers Virtual dengan 23 Merek Legendaris Indonesia dari Jakarta, Senin (02/8/2021).

Lebih lanjut, Menko Marves menyampaikan kolaborasi antar pihak sangat diperlukan untuk memperluas dampak positif guna mendorong pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, digitalisasi juga memegang peranan kunci dalam mendorong peningkatan aktivitas perdagangan dalam negeri di masa pandemi ini.

“Saya berharap agar sinergi yang dilakukan oleh banyak pihak dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini dapat memberikan harapan bagi jutaan UMKM di Indonesia yang merupakan tulang punggung penggerak ekonomi nasional,” ujarnya.

Menurut Menko Luhut dengan adanya PPKM  Jawa Bali selama beberapa minggu terakhir ini, nampak terlihat perbaikan dalam beberapa indikator seperti kasus harian yang sudah mengalami penurunan hingga 50 persen dari puncaknya pada beberapa waktu lalu. Selain itu indikator lainnya seperti keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio ( BOR ) juga mengalami perbaikan khususnya di Jawa dan Bali.

“Dalam PPKM ini saya kira pemerintah sudah menyiapkan semuanya secara terpadu atau holistik mulai dari testing, tracing, treatment  sampai menyangkut masalah vaksinasi. Protokol kesehatan 3M semua dilakukan secara holistik dan pemerintah sudah punya timetable  pelaksanaannya,” ungkapnya.

Menko Marves menyampaikan rasa keprihatinan kepada masyarakat yang harus merasakan efek PPKM dengan sangat pahit seperti harus dirumahkan sementara, di-PHK, dan sampai harus bergantung kepada bantuan sosial dari Pemerintah.

Saat ini, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan sejumlah program dan inisiatif untuk membantu rakyat pada situasi yang sulit ini, utamanya untuk mendukung percepatan pengendalian pandemi Covid-19, seperti percepatan vaksinasi, penguatan 3T, penambahan bed untuk pasien Covid-19 hingga Rumah Sakit khusus untuk pasien Covid-19, bantuan obat gratis untuk pasien isolasi mandiri, berbagai bantuan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan, hingga perpanjangan subsidi listrik, subsidi kuota pelajar dan program Bantuan Subsidi Upah bagi para pekerja.

“Kita tidak boleh patah semangat dan kita tidak boleh meremehkan kemampuan anak-anak bangsa menyelesaikan masalah ini bersama-sama,” katanya. oleh karena itu, Menko Marves mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi pada Grab Indonesia dan semua mitra bisnis yang telah bergabung dalam kampanye Grab Bersatu Untuk Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang menyampaikan apresiasinya kepada Grab Indonesia atas diluncurkannya kampanye Grab Bersatu ini.

Menurut Mendag kampanye ini merupakan kolaborasi antara Indonesia dengan 23 perusahaan lokal legendaris Indonesia dapat menjadi salah satu contoh semangat gotong royong dan kerja sama yang baik khususnya dalam menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia pada tanggal 17 Agustus ini.

“Saya berharap ke depannya akan ada  kolaborasi lebih banyak sehingga dapat memacu kembali sektor perdagangan dalam negeri dan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyampaikan situasi pandemi telah mendorong bangsa Indonesia untuk beradaptasi dan hal ini juga mengubah kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia seperti tahun sebelumnya.

“Sejak melayani Indonesia dari 7 tahun yang lalu, Grab telah mempelajari bahwa karakter masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang tangguh untuk kita terus bersatu dan saling bahu-membahu untuk membantu di masa yang mendatang,” kata Ridzki.

Komentar