Sulteng Terbanyak, Kemenperin Sebut: 52% Pabrik Smelter Di RI Sudah Operasi

JurnalPatroliNews – Sulteng – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melaporkan bahwa saat ini Indonesia telah memiliki 91 smelter atau pabrik pemurnian mineral, 48 smelter telah beroperasi, dan 43 sisanya masih dalam tahap konstruksi.

“Berdasarkan data Kemenperin (Kementerian Perindustrian), per 1 Februari 2023 terdapat 91 smelter di Indonesia dengan perincian 48 telah beroperasi dan lainnya dalam tahap konstruksi,” kata Agus dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR, Selasa (14/2/2023).

Adapun lokasi smelter yang telah beroperasi saat ini, terbanyak berada di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 25 smelter. Kemudian, Provinsi Maluku sebanyak 22 smelter, Sulawesi Tenggara sebanyak 12 smelter, Kalimantan Barat sebanyak 10 smelter, dan lainnya sebanyak 34 smelter terletak di berbagai provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

“Dari 48 smelter yang telah beroperasi berdasarkan komoditinya secara kumulatif, smelter-smelter tersebut memiliki kapasitas investasi dan juga penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Komentar