“Khorshid” Majidi Akan Mewakili Iran di Oscar 2021

Jurnalpatrolinews – Teheran, Khorshid (Matahari) karya sutradara terkenal Iran Majid Majidi termasuk di antara 15 film pendek internasional yang diperkenalkan pada Oscar 2021.

Khorshid terpilih di antara 93 film yang telah diperkenalkan ke Oscar dari berbagai negara dunia.

Panitia akan memilih lima dari 15 film dan memperkenalkan mereka pada Oscar.

Daftar film terpilih akan dirilis pada 15 Maret 2021.

Ditulis bersama oleh Nima Javidi, Khorshid dianugerahi Crystal Simorgh di Festival Film Internasional Subuh ke-38 di Iran.

Khorshid adalah kisah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang hidup dari mencuri, sampai suatu hari dia dan teman-temannya menerima lamaran dari orang yang melakukan kesalahan.

Sejarah kehadiran Iran dalam acara bioskop yang paling banyak ditonton tahun ini – Academy Awards – dimulai pada tahun 1977.

Sejak itu, tiga film Iran telah dinominasikan untuk Oscar dan dua lagi memenangkan Penghargaan yang berharga.

Pertama, “Children of Heaven” karya Majid Majidi dinominasikan untuk Oscar pada tahun 1998, dan kemudian dua film yang disutradarai oleh Asghar Farhadi, yaitu “A Separation” dan “The Salesman”, memenangkan Academy Awards untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pada tahun 2011 dan 2016 masing-masing.

Juga, “Finding Farideh” oleh Azadeh Mousavi dan Kourosh Ataei adalah film dokumenter Iran pertama yang diperkenalkan pada Academy Awards 2020.  (***/.dt-irna)

Komentar