Taman Nasional Komodo, Wisata Di Alam Liar Yang Menakjubkan

JurnalPatroliNews – NTB : Berbicara wisata alam memang identik dengan panorama indah, sejuk, menyegarkan, dan penuh ketenangan. Namun ada juga wisata alam yang menawarkan petualangan berbeda, dengan pemandangan berbeda dari wisata alam pada umumnya. Salah satunya adalah wisata alam di Taman Nasional Komodo.

 

Lokasi Taman Nasional Komodo yang berada di Pulau Sumbawa dan Flores, Nusa Tenggara Timur, merupakan kawasan wisata alam yang dijadikan rumah bagi habitat komodo, hewan purbakala sejenis kadal dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Ukuran tubuh komodo terbesar biasanya berkisar antara 3 meter dengan bobot tubuh 90-135 kilogram. Taman ini terdiri dari tiga pulau utama, yaitu: Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Ada dua cara yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai lokasi wisata alam liar Pulau Komodo., yaitu berangkat dengan titik awal dari Pulau Lombok atau berangkat dari Kupang dengan menggunakan pesawat menuju Ende, berlanjut ke Labuhan Bajo dengan menggunakan minibus selama kurang lebih 10 jam, dan barulah menuju Pulau komodo dengan menggunakan speedboat selama dua jam perjalanan. baca juga

Keindahan Wisata Alam Liar Pulau Komodo

Berkunjung ke kawasan wisata Taman Nasional Pulau Komodo akan memberikan sensasi liburan yang lain dari biasanya. Di sini Anda akan diajak berpetualang menikmati keindahan panorama alam, sekaligus menyaksikan secara langsung keseharian hewan yang tergolong predator ini di habitatnya. Tentunya hal ini akan menjadi petualangan menegangkan, unik, dan menyenangkan bagi Anda.

Seorang pawang yang khusus menangani satwa liar ini akan menjadi pemandu Anda saat ingin melihat komodo di sini. Karena mereka tergolong predator, jadi sangat tidak mungkin bagi Anda menyaksikan kehidupan hewan cantik ini tanpa ditemani seorang yang berpengalaman.

Habitat komodo ditumbuhi dengan rumput savana yang sangat indah. Membuatnya terlihat begitu menarik dan eksotis, ditambah adanya kadal-kadal besar yang berkeliaran di atasnya. Hanya di Taman Nasional Komodo inilah Anda bisa menyaksikan dari dekat bagaimana satwa liar menjalani kehidupannya. Tentunya ini akan menjadi sebuah pengalaman menakjubkan bagi Anda.
Di Pulau rinca, Anda dapat menyaksikan komodo yang asik berbaring di depan rumah penjaga Taman Nasional. Di pulau ini Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan pantai berpasir putih, hutan bakau, padang rumput dan air biru. Di sini Anda juga bisa melakukan snorkling atau diving. Karena pulau ini juga memiliki biota laut yang amat indah. baca paket pulau pari

Untuk bisa maksimal berwisata di alam liar Taman nasional Komodo, dengan menyaksikan kehidupan komodo itu sendiri, Anda perlu mempersiapkan kondisi tubuh yang baik serta kaki yang kuat. Karena untuk menyaksikan langsung hewan predator ini di habitat asli mereka, Anda harus melakukan perjalanan ke bukit terdekat. Di Pulau Komodo Anda akan mendaki 3-4 kilometer untuk bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari kehidupan komodo.

Sedangkan di Pulau Rinca, Anda hanya butuh menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Jika nasib baik berpihak pada Anda, maka Anda akan melihat langsung bagaimana komodo menyerang mangsanya. Pemandangan yang ekstrim memang. Tetapi juga pengalaman luar bisa tentunya. Namun jika Anda tak sanggup menyaksikan fenomena ini, Anda masih dapat melihat kehidupan hewan liar lainnya seperti rusa, kuda liar, dan kerbau, yang berkeliaraan di sini.

Meskipun Taman Nasional Komodo terkenal dengan wisata alam liarnya, namun Anda juga masih tetap bisa menikmati keindahan panoramaa laut yang menakjubkan, seperti: Loh Liang di Pulau Komodo, Loh Buaya di Pulau Rinca, dan Pulau Pundar.

Harga Tiket Masuk

tiket pulau komodoHTM yang dikenakan adalah sebesar Rp90.000, yang termasuk biaya trekking, masuk Pulau Rica, dan Pulau Tadar Sebagai informasi tambahan, Pulau Pandar diyakini sebagai surganya tempat untuk snorkling dan diving. Karena keindahan biota di sini sungguh sangat menakjubkan dan juga terdapat banyak spot indah yang bisa Anda telusuri. Ada sekitar 42 spot keindahan. Segera rencanakan destinasi liburan Anda ke Taman Nasional Komodo dan temukan sensasi penuh adrenalin selama berada di pulau indah ini.

https://travelwisataindonesia.com/

 

Komentar