5 Presiden Negara Papua Dari Tahun 1971 – 2020

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Bangsa Papua dan perjuangan panjangnya dalam mewujudkan Negara yang berdaulat melewati berbagai tantangan dalam mencapai kedaulatan penuh mengusir penjajah yang masih bercokol diatas tanah airnya.

Dalam rentang 59 tahun semenjak manifesto politik 19 Oktober 1961 pada Kongres Rakyat Papua I yang menandai dasar sejarah nama bangsa dan nama negara serta atribut kenegaraan Papua Barat terus diperjuangkan.

Dalam catatan sejarah bangsa Papua itu ada sederet nama tokoh perjuangan bangsa Papua yang menjadi presiden atau kepala Negara. Berikut 5 nama tokoh Bangsa Papua yang menjadi presiden Negara Papua.

1. Zeth Yafet Rumkorem

Sepuluh tahun berlalu setelah manifesto politik bangsa Papua 1961, Proklamasi Sepihak “Republik Papua Barat” diumumkan pada 1971 dengan Tokoh proklamator Republik Papua Barat 1 Juli 1971 Zeth Yafet Rumkorem

2. Thom Wainggai

Sesuai perjanjian Roma yang mana janji 25 Tahun Indonesia mempersiapkan Papua, maka pada 14 Desember 1988 diproklamasikan “Republik Melanesia Barat” dengan Thomas Wainggai sebagai presiden Melanesia Barat

3. Michael Kareth

Sebagai presiden  “West Papua New Guinea National Congress” yang diproklamasikan 27 November 1997 di kantor president Parliament Eropa

4. Forkorus Yaboisembut

Dalam kongres Rakyat Papua I (1961) menghasilkan Manifesto Politik, dalam Kongres Rakyat Papua II (2000) menghasilkan Presidium Dewan Papua dengan Theys Eluay sebagai ketuanya. Dalam Kongres Rakyat Papua III (2011) mendeklarasikan Pemulihan Kemerdekaan Bangsa Papua dinegeri Papua Barat dengan Forkorus Yaboisembut sebagai Presiden dan Edison Waromi Sebagai Perdana Menteri dengan nama “Negara Federal Republik Papua Barat” (NFRPB).

5. Benny Wenda 

Setelah mengumumkan pemberlakuan undang-undang sementara tokoh Pejuang bangsa Papuayang bermukim di Inggris juga sebagai ketua The United Liberation Movement for West Papua ; Pada 1 Desember 2020 mengumumkan Pemerintahan Sementara “Negara Papua Barat” dengan Benny Wenda sebagai presiden.

Ulasan singkat saja tentang beberapa tokoh Papua yang menjadi presiden; walaupun beberapa dari nama diatas telah tiada, namun semangat perjuangan untuk pembebasan tanah air Papua Barat dari pendudukan bangsa asing tentu menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa Papua yang akan terus dikenang.

Menghormati setiap perjuangan dari pendahulu dan mau belajar dari apa yang telah terjadi merupakan suatu langkah bijak daripada menjadi generasi yang buta sejarah dan menjadi korban dari sejarah bangsa lain yang terus menduduki tanah air kita.

Catatan diatas bila ada yang perlu dikoreksi silahkan tanggapi, ataupun menambahkan silahkan saja.

By Phaul Heger

Komentar