Aktivitas Gunung Api Karangetang Meningkat, Masyarakat Diminta Siap Siaga

JurnalPatroliNews – Manado, — Kepala Pos Pemantau Gunung Api Karangetang, Kabupaten Sitaro Yudi Tatipang melaporkan hasil pengamatan yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Api Karangetang.

Menurut Yudi, tingkat aktivitas Gunung Api Karangetang saat ini di naikan pada Level III atau Siaga, di mana, sebelumnya berada pada Level II atau Waspada.

“Teramati guguran lava pijar dari puncak kawah utama sering bahkan menerus ke Kali Batang, Beha Barat dan Nanitu Ik 750 sampai 1500 meter,” ungkap Yudi Kamis, (9/2/2023).

Tak hanya itu lanjut Yudi, guguran lava pijar juga mengarah ke Kali Batu Awang dan Kahetang Ik 700 sampai 1000 meter.

“Sementara di sesismorgaf menunjukkan dominasi gempa guguran amplitudo 20 sampai 75 mili meter,” timpal Yudi.

Lanjut Yudi, masyarakat sampai saat ini untuk sementara dilarang beraktivitas dalam zona radius 1,5 Kilo meter dari puncak kawah.

“Ada dua kawah yakni kawah utara, dan kawah utama selatan, serta area perluasan sektoral ke arah barat sejauh 2,5 Km dan di sepanjang kali Malebuhe, kiranya warga menunda aktivitas di wilayah tersebut,” terang Yudi.

“Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak gunung agar meningkatkan kesiapsiagaannya,” timpal Yudi.

Komentar