Antisipasi Hoax Hingga Polarisasi di Pemilu 2024, Bawaslu Segera Bentuk Satgas Awasi Medsos

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti, tentunya akan banyak sekali Hoax beredar di Media Sosial (Medsos). Untuk menangkal hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, bersama Instansi terkait, akan membentuk Satuan Tugas (Satgas), untuk mengawasi Medsos.

Rahmat Bagja, Ketua Bawaslu, mengungkapkan hal itu, saat menggelar acara Konsolidasi Nasional, di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/22).

“Kami mendorong pembuatan Satgas, ada Kominfo, KPU, Bawaslu dan juga Cyber Crime, untuk meredam isu-isu di medsos yang tidak benar, yang bertentangan dengan UU, ataupun yang berpotensi untuk kemudian membuat polarisasi, kegentingan, dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Satgas tersebut kini tengah dirumuskan. Rencananya, Satgas itu akan ditargetkan, terbentuk pada Januari 2024.

“Januari Insyallah sudah terbentuk (Satgas),” katanya.

Ia memaparkan, acara ini digelar dalam rangka memantapkan kinerja dan soliditas jajaran pengawas pemilu, dalam mengawasi penyelenggaraan tahapan-tahapan Pemilu 2024.

Ia membeberkan, tantangan terakhir Bawaslu Adalah mengawasi Medsos jelang pemilu 2024 nanti. Mendos menjadi salah satu penyebab adanya Polarisasi.

Komentar