Baru Sebatas Uji Coba! KA Cepat Jakarta-Bandung Kapan Beroperasi? Ini Jawaban Jokowi

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo memastikan LRT Jabodebek bakal beroperasi pada 26 Agustus 2023 mendatang. Lantas bagaimana dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung? ini jawaban Jokowi.

LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung awalnya punya target jalan di 18 Agustus 2023 Bedanya, kalau LRT Jabodebek sudah bisa beroperasi komersial sedangkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung baru sebatas uji coba gratis bagi masyarakat.

Jokowi pun mengungkapkan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung masih perlu waktu. Sedangkan untuk uji coba gratis bagi masyarakat adalah mulai September 2023 mendatang.

“Kereta cepat mungkin akan diuji coba lagi di September, begitu siap semuanya juga. jadi begitu dipastikan,” kata Jokowi di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Sebelumnya, General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan untuk memastikan program uji coba pada masa pra operasi KA Cepat relasi Jakarta – Bandung dapat berjalan dengan baik, saat ini KCIC terus melakukan persiapan di berbagai sisi.

“Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta – Bandung tanpa dikenakan biaya,” ungkap Eva kepada rekan media, dikutip Rabu (9/8/2023).

Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.

Komentar