Beda Pandang Soal Usulan KPK Dibubarkan, Jokowi: Lembaganya Bagus, OTT Tiap Bulan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons ribut-ribut usulan pembubaran KPK. Jokowi menilai KPK sudah memiliki sistem yang bagus dan sering melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

“Ya lembaganya kan bagus, sistemnya sudah bagus, tiap bulan ada OTT,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Brahrang di Binjai, dilansir rekan media, Jumat (25/8/2023).

Meskipun begitu, Jokowi menilai jika KPK tetap harus dievaluasi. Menurutnya, setiap lembaga pasti ada kekurangan yang harus dievaluasi dan diperbaiki.

“Ya mesti ada yang perlu dievaluasi, perlu diperbaiki, semua lembaga pasti ada kekurangannya itu yang harus diperbaiki, dievaluasi,” tutupnya.

Usulan KPK dibubarkan itu sebelumnya disampaikan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menjadi pembicara di acara Sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka di The Tribrata Darmawangsa, Jaksel, Senin (21/8). Megawati mengaku sempat meminta Jokowi untuk membubarkan KPK.

“Saya sampai kadang-kadang bilang ama Pak Jokowi ‘Udah deh bubarin aja KPK itu, Pak, menurut saya nggak efektif’. ‘Ibu nek kalau ngomong ces pleng’,” katanya menirukan percakapan dengan Jokowi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kemudian menyampaikan bahwa tak ada niatan Megawati untuk membubarkan KPK.

Komentar