Eks Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo Miliki Aset Miliaran Rupiah di Sulut

JurnalPatroliNews – Manado, – Harta kekayaan eks pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo yang ikut terseret dalam kasus penganiyaan yang melibatkan putranya Mario Dandy Satrio, ikut disoroti publik.

Teranyar, diketahui Rafael Alun Trisambodo diketahui memiliki aset berupa perumahan elit Green Hill Residence yang berlokasi di jalan Ring Road Kota Manado.

Rafael Alun adalah komisaris dari PT Bukit Hijau, pengembang perumahan tersebut, di mana pemilik perusahaan adalah Ernie Torondek yang merupakan istri Rafael Alun.

Harga rumah di salah satu perumahan elit tersebut bahkan ada yang mencapai harga hingga 2 miliar rupiah.

Salah satu warga yang tinggal di Perumahan Elit tersebut bahkan membenarkan bahwa perumahan yang diketahui telah ada sejak tahun 2009 tersebut ikut dimiliki oleh ASN Kementerian Keuangan RI tersebut.

“Sepanjang yang kami ketahui saat membeli rumah disini (Green Hill Residence) sekitar 13 tahun lalu, yang merupakan owner dari kawasan ini adalah Rafael Alun Trisambodo,” ujar Jantje Chris Noya, salah satu warga perumahan, Sabtu, (25/2/2023).

Dia menyebut, harga rumah di kawasan tersebut pada saat itu dijual sekitar Rp300 jutaan.

“Kami juga kaget, saat melihat berita pak Rafael Alun Trisambodo ikut terseret di kasus yang melibatkan anaknya tersebut,” ungkapnya.

Yantje mengetahui pemilik perumahan tersebut atas nama Rafael Alun Trisambodo dari penjelasan pihak marketing Green Hill Residence Manado saat akan membeli rumah pada saat itu.

“Kan, kami selalu pembeli patut mengetahui siapa owner dari perusahaan, dan dijelaskan pihak pengelola,” jelas dia.

Terkait, harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo yang ikut disorot usai mengundurkan diri dari jabatannya di Ditjen Pajak, Jantje berharap kasus ini tidak menyeret warga yang sudah menempati rumah di Green Hills Residence Manado.

“Jadi misalnya jika nantinya ada penyitaan aset oleh pihak seperti KPK atau PPATK, kami sebagai warga meminta diperhatikan, karena kami disini tidak merasa ada masalah dengan hukum. Yang bermasalah adalah pribadi dari owner Green Hills Residence Manado,” tandasnya.

Dilansir, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo mencapai Rp56 miliar.

Jumlah tersebut pun dianggap aneh. Sebab, ada penambahan harta Rafael dalam kurun waktu sekitar 10 tahun terakhir yakni sebesar Rp35,6 miliar.

Kekayaan Rafael Alun Trisambodo bersumber dari 11 tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 51.937.781.000, alat transportasi total Rp 425.000.000, berupa mobil Toyota Camry Sedan tahun 2008 Rp 125.000.000 dan mobil Toyota Kijang tahun 2018 Rp. 300.000.000, harta bergerak lainnya Rp 420 juta, surat berharga Rp 1.556.707.379, kas Rp 1.345.821.529, dan harta lainnya Rp 419.040.381.

Komentar