Gempa Bumi 6,0 SR Di Taput Rusak Ratusan Bangunan Dan Puluhan Warga Mengalami Luka-luka

JurnalPatroliNews – Tarutung,- Tidak satupun manusia yang mampu mengetahui datangnya atau kapan terjadi gempa bumi 6,0 SR seperti di Taput yang merusak ratusan bangunan juga milik pemerintah dan puluhan warga turut mengalami luka-luka.

Gempa bumi berkekuatan 6,0 SR berjarak 25 Km Barat Laut Tapanuli Utara (Taput) dengan lokasi 2.13 LU, 9889 BT terjadi sekira pukul 02:28;41 Wib di Kabupaten Taput Prov. Sumatera Utara Sabtu, (1/09/2022) dini hari.

Menurut data yang disampaikan BMKD, bahwa Gempa itu tidak berpotensi Tsunami.

BadanPenanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Utara memperkirahkan ratusan unit rumah penduduk ikut mengalami rusak akibat peristiwa gempa bumi tersebut.

“Diperkirahkan kerusakan fisik sejumlah bangunan diantaranya ada gedung mulik pemerintah sebanyak 9 unit, dan rumah milik warga ada 130 unit,” ucap Kepala Dinas Sosial Tapanuli Utara, Bahal Simanjuntak dalam penjelasannya kepada media, Sabtu (1/10/2022).

Akibat gempa bumi juga terjadi kerusakan pada fasilitas umum seperti kesehatan, Rumah Ibadah dan beberepa sarana pendidikan lain.

“Seperti rumah ibadah mengalami kerusakan retak sebanyak 14 unit, fasilitas kesehatan ada 1 unit serta jalan/ jembatan/ irigasi ada 11 unit,” itu sementara yang sudah didata, ucapnya.

Bahal Simanjuntak juga menjelaskan, terkait jumlah korban jiwa yang meninggal dunia 1 orang, yang kebetulan sikorban saat itu sedang jalani perawatan di Rumah Sakit Tarutung karena mengidap penyakit serangan jantung.

Sedangkan korban lainnya yang mengalami luka-luka ada 25 orang dan di bawa ke RSUD Tarutung Kab.Taput.

Komentar