Harga Saham Merosot! Isu Ditangkap Polisi Menyebar, Jack Ma Masih Terdiam

JurnalPatroliNews – Jakarta – Isu bahwa Jack Ma ditangkap polisi membuat harga saham Alibaba sempat merosot drastis, hingga valuasinya terpangkas sampai sekitar USD 26 miliar.

Jack Ma sendiri tidak berkomentar apa-apa soal permasalahan ini.

Awalnya, media pemerintah China memberitakan bahwa orang dengan nama belakang Ma diinvestigasi aparat karena dituding membahayakan keamanan nasional. Banyak yang menduga orang itu adalah Jack Ma.

Tak hanya di pemberitaan, media sosial juga ramai dengan rumor tersebut. Di media sosial terkenal China, Weibo, tagar mengenai penangkapan Jack Ma sempat menjadi trending papan atas.

Media Global Times yang juga dikendalikan oleh pemerintah China kemudian mengklarifikasi bahwa orang yang ditangkap bukan Jack Ma. Karakter namanya berbeda, tanggal lahir dan profesinya pun berbeda.

Namun di tengah semua kehebohan itu, Jack Ma masih terdiam. Dia tidak berkomentar apapun untuk menenangkan investor ataupun warga.

 Memang sejak mengkritik sistem keuangan China di tahun 2020, bisa dibilang dia tak pernah lagi berbicara di hadapan publik.

Menjelang akhir tahun silam, dia bepergian ke mancanegara, tanda bahwa dia orang yang bebas. Namun tetap saja ada anggapan bahwa sebagian dirinya menghilang karena Jack Ma yang dulu dikenal ceplas ceplos.

Komentar