Januari Dicabut, Mahfud MD: Sebentar Lagi Gak Ada PPKM, Ini Alasannya

JurnalPatroliNews – Jakarta – Wacana pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.(PPKM) di Indonesia belakangan ramai dibahas oleh pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, pun menyebut Indonesia sebentar lagi akan segera mencabut aturan pembatasan tersebut.

“PPKM saya kira sebentar lagi nggak ada PPKM,” kata Mahfud MD saat di Ponpes Miftachus Sunnah Jalan Kedung Tarukan Surabaya, dikutip rekan media, Selasa (27/12/2022)

Menurutnya, hampir seluruh daerah di Indonesia sudah menggaet status PPKM level 1. Artinya, pengendalian kasus COVID-19 di daerah maupun di ibu kota sudah sangat baik.

“Karena di Indonesia hampir semuanya sudah level 1, sudah infeksius,” jelasnya.

”Paling awal Januari. Kajiannya ya sudah ada, yang mengkaji bukan saya, saya yang politiknya saja,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sempat menyebut kemungkinan PPKM level 1 di Indonesia akan dicabut akhir tahun lantaran kasus COVID-19 yang berangsur-angsur membaik. Meski begitu, ia masih menunggu kajian terkait pencabutan aturan ini.

“Jadi kembali ke PSBB, PPKM, itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Pak Menko maupun dari Kementerian Kesehatan dan saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya,” kata Jokowi.

Komentar