Jelang Nataru, Kapolri Beri Dua Pesan Penting Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Jelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti, Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan dua pesan penting. Pertama tentang pengamanan ketertiban, dan yang kedua tentang upaya pencegahan pertumbuhan angka COVID-19 Di Indonesia.

“Situasi kamtibmas sampai dengan saat ini masih relatif Kondusif. Namun perlu diantisipasi kalender Kamtibmas akhir tahun 2021 dimana terdapat banyak kegiatan yang berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas apabila tidak dikelola dengan baik. Seluruh Kasatker dan Kasatwil sudah harus mulai memetakan potensi kerawanan dan mempersiapkan rencana pengamanan serta langkah-langkah antisipasi,” kata Jenderal Sigit dalam, Rabu (24/11).

“Laksanakan simulasi penanganan bencana agar pada saat terjadi bencana maka seluruh personel yang bertugas sudah siap dan tahu akan tugasnya. Dirikan posko serta siapkan sarana-prasarana evakuasi dan penanggulangan genangan air bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk mempercepat penanganan banjir, evakuasi warga, distribusi logistik, dan lainnya,” lanjutnya.

Salah satunya dengan pendirian Posko PPKM Mikro. Masyarakat yang hendak mudik harus melapor ke posko tersebut. Masyarakat harus diberi edukasi soal penanganan COVID-19.

“Melakukan sosialisasi pembatasan PPKM level 3 pada saat Nataru sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri dari jauh hari. Memasang Banner, Spanduk, Baliho yang berisi imbauan kepada pemudik terkait Prokes, kewajiban Isoman dan standar isoman yang baik,” imbuhnya.

Berdasarkan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) Amerika Serikat, Indonesia masuk dalam kategori zona hijau Covid-19 dengan tingkat penularan kasus berada di level 1 sehingga aman untuk dikunjungi. Untuk itu, Ia meminta tren tersebut harus dipertahankan.

Komentar