Joko Widodo Dipastikan Tak Hadir di Acara HUT ke-51 PDIP, Hasto Kristiyanto Ungkap Alasannya

JurnalPatroliNews – Jakarta – Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), angkat bicara menanggapi pertanyaan wartawan soal Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, apakah bakal hadir atau tidak dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP pada 10 Januari mendatang.

Pasalnya, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan justru akan melaksanakan tugas negara bertepatan di HUT ke-51 PDIP.

Hasto menyatakan bahwa HUT ke-51 PDIP pada 10 Januari tahun ini memiliki watak untuk ke bawah menyatu dengan rakyat.

Di awal penyampaiannya, Hasto membeberkan bahwa Ketua Umum DPP PDIP Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri akan berpidato, sekaligus memberikan perintah hariannya di acara HUT ke-51 PDIP nanti.

Namun diungkapkannya, hal paling penting di peringatan HUT PDIP adalah akan lebih melibatkan masyarakat. Untuk maksud itulah maka peringatan HUT ini akan banyak diwarnai gerakan turun ke bawah.

Sementara soal hadir tidaknya Presiden Jokowi, Hasto mengaku, pihaknya sudah menerima laporan.

Bertepatan dengan HUT ke-51 PDIP, kata Hasto, Jokowi akan melaksanakan tugas negara ke Filipina.

“Jadi peringatan ultah PDI Perjuangan akan diawali dengan pidato politik ibu Ketua Umum sekaligus perintah harian. Dan karena peringatan ini dilakukan di basis rakyat di tingkat RT/RW maka kegiatan akan melibatkan rakyat. Ini sebagai jati diri PDIP,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1/24).

“Kami juga sudah mendapat informasi bahwa bapak Presiden Jokowi akan melaksanakan tugas negara di luar negeri, di Filipina. Tapi watak kegiatan kali ini memang ke bawah, menyatu dengan rakyat itu sendiri,” sambungnya.

Adapun seperti yang dijelaskan politisi asal Yogyakarta ini, Megawati akan menyampaikan pidatonya dalam HUT ke-51 PDIP dari Sekolah Partai, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Selanjutnya usai penyampaian pidato dari Megawati, kata Hasto, kegiatan akan dilanjutkan sore harinya.

Kegiatan itu nantinya akan melibatkan masyarakat tingkat RT/RW seluruh Indonesia dengan jajaran DPD partai dan para calon anggota legislatif.

“Nanti ibu Megawati Soekarnoputri di dalam menyampaikan pidato politiknya di Sekolah Partai. Karena partai politik menjadi fungsi rekrutmen pendidikan politik, dan kaderisasi,” tuturnya.

“Dan pada sore harinya antar jam 4 dan 7 malam, seluruh struktural partai termasuk DPD Partai, kemudian calon anggota legislatif, calon kepala daerah, akan mengadakan kegiatan HUT PDIP bersama masyarakat di RT/RW. Di basis-basis rakyat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi memang ada rencana kunjungan kenegaraan ke beberapa negara di Asean pekan depan.

Hanya saja, kata dia, belum bisa diberikan jadwal detailnya.

“Ada rencana ke beberapa negara ASEAN, nanti saya update ke teman-teman lagi kepastiannya,” kata Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (5/1/24).

Komentar