Jokowi Bakal Beralih ke IKN Pada Juli 2024, Ini Kata Menteri PUPR!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR, mengungkapkan bahwa pembangunan Istana Wakil Presiden direncanakan tahun ini. Namun, proyek ini diproyeksikan baru selesai pada 2025.

Kalau istana wakil presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun. Kalau kantor presiden, istana presiden, Insya Allah sudah siap pada bulan Juli itu,” ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/24).

Menurut Basuki, pembangunan istana wapres diperkirakan memakan waktu satu tahun. Jadi, jika dimulai pada Juni atau Juli tahun ini, diperkirakan akan selesai pada Juli 2025. Ini berarti Wakil Presiden berikutnya baru bisa memiliki kantor di IKN pada tahun berikutnya.

“Saya belum (tahu) informasi pastinya, mudah-mudahan Juni-Juli baru dibangun. (Targetnya) saya kira setahun,” papar Basuki.

Basuki juga menjelaskan bahwa pembangunan istana wapres dimulai tahun ini karena ada perubahan dalam desain bangunan.

“Desainnya berubah, waktu lelang pertama kami dengan desain yang juara sayembara pertama. Namun, setelah dicek pak presiden beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi. Nah itu nanti kita enggak tahu lelang ulang atau gak gitu lho,” kata Basuki.

Sebagaimana yang diketahui, Presiden Jokowi juga berencana untuk berkantor di IKN pada Juli 2024. Namun, rencana ini akan dilaksanakan setelah selesainya pembangunan Kantor dan Istana Presiden, akses air bersih, fasilitas tol, serta bandara.

“Belum ada arahan terakhir dari beliau, tapi kalau kita lihat pada waktu kita di glamping terakhir beliau akan pindah kalau tol dan airport sudah beroperasi,” tukasnya.

Komentar