Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qouma Senang Bisa Konbes di Sulut

Jurnalpatrolinews – Manado, Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qouma mengaku senang GP Ansor bisa menggelar Konferensi Besar (Konbes) XXIII di Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Yaqut Cholil Qouma, Sulut merupakan miniatur Indonesia yang dikenal sebagai pusat keberagaman dan toleransi yang tinggi.

“Sama persis dengan semangat Pemuda Ansor. Inilah yang menjadi alasan kami sangat berbahagia menggelar Konbes di tanah Sulut,” kata Yaqut Cholil Qouma usai pembukaan Konbes di Mercure Hotel, Desa Tateli, Kabupaten Minahasa, Jumat (18/9/2020).

Yaqut turut memuji kinerja Pemerintah di Sulut yang begitu serius memerangi pandemi COVID-19.

Hal itu kata Yaqut, tidak terlepas dari kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey yang konsisten berkoordinasi dengan semua elemen.

“Dan saya meminta Ansor di Sulut mendukung kebijakan pemerintah, selama itu untuk kebaikan umat,” pesannya.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengaku selama puluhan tahun, sinergitas dan hubungan baik antara GP Ansor Sulut dan pemerintah terjalin kondusif.

Begitu juga interaksi GP Ansor dengan pemuda gereja, yang merupakan cerminan kerukunan di Bumi Nyiur Melambai.

“Dalam konteks pembangunan bangsa dan daerah, sinergitas dan dukungan dari GP Ansor sangat dibutuhkan. Apalagi sekarang kita semua diperhadapkan dengan pandemi COVID-19. Saya ajak kita bahu membahu berjuang mengatasi ini,” ajak Olly Dondokambey.

Olly menilai, dipilihnya Minahasa sebagai pelaksanaan Konbes XXIII GP Ansor sangat tepat dengan pertimbangan historis dan aktualisasi.

Terlebih Minahasa menjadi peletak dasar gerakan kerukunan dengan datangnya para ulama-ulama Jawa dan Sumatera di Minahasa antara lain Kiai Mojo, Pangeran Diponegoro dan Imam Bonjol.

“Dengan demikian, GP Ansor menunjukkan suatu gerakan kesinambungan sebagai aktualisasi pada estafet sejarah. GP Ansor harus tetap menjadi ujung tombak merawat kerukunan nasional yang berpijak pada nilai-nilai kebangsaan sesuai Pancasila. Saya menjadi saksi bagaimana pilar kerukunan di Sulut terjaga karena kekuatan nilai-nilai kerukunan dibangun dan dirawat oleh kader Ansor dan pemuda gereja,” kata Dondokambey.

Politisi PDIP itu juga memberikan apresiasi atas karya GP Ansor yang terus diupayakan dalam menjaga eksistensi organisasi, serta mendukung pembangunan bangsa, termasuk pembangunan daerah di Bumi Nyiur Melambai.

Pada kesempatan itu, Dondokambey menyampaikan terima kasih kepaqda Presiden Ir. H. Joko Widodo yang membuka secara virtual kegiatan ini.

“Terima kasih kepada bapak presiden atas kehadiran dan luangan waktunya menyatu dengan segenap komponen GP Ansor, dan kami para pelaku pembangunan daerah di Sulawesi Utara,” kata Dondokambey.

Komentar