Luhut Pimpin Rakor K/L dan Instansi Guna Tingkatkan Kwalitas Udara Jabodetabek

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), menyebut, bahwa kualitas udara di Indonesia, khususnya wilayah Jabodetabek, perlu ditingkatkan lebh baik lagi.

Menko Marves membeberkan, Pemerintah tengah menggelar rapat koordinasi (Rakor) yang dihadiri berbagai kementerian/lembaga (K/L) dan instansi, membahas hal tersebut, Rabu (17/1/24).

“Ini bisa dilakukan dengan tiga skema, yakni jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang,” beber Luhut, melalui keterangan tertulis, Rabu (17/1/24).

Luhut mengatakan, masyarakat menghirup udara yang sama, dan polusi udara di Jabodetabek dinilai sangat luar biasa dampaknya bagi kesehatan.

Ia mengungkapkan, tiga tahap yang akan dilakukan oleh Pemerintah, nantinya bisa menjadi cara tentang perbaikan emisi gas buang kendaraan melalui penyediaan BBM rendah sulfur di DKI, pengembangan angkutan umum, dan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Kita harus cari kiat-kiat yang cepat,” ucapnya.

Dalam Rakor tersebut, Luhut memberikan arahan kepada K/L dan instansi, untuk serius dalam upaya penanganan kualitas udara di Jabodetabek.

Selain itu, perencanaan dan implementasi program-program Pemerintah, diperlukan koordinasi lintas sektor, sehingga masing masing K/L terkait, perlu berkolaborasi mempersiapkan rencana implementasi program secara matang dan cepat.

“Pemprov DKI melalui TransJakarta untuk peningkatan cakupan area dan tingkat pelayanan kendaraan umum di titik titik krusial melalui kendaraan listrik. Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN melalui Pertamina untuk penyediaan BBM rendah sulfur setara standar Euro 4 di DKI pada triwulan dua secara bertahap serta menyiapkan roadmap penyediaan BBM standar Euro 5/6,” tandasnya.

Komentar