Minta Semua Jemput Bola, Menteri ATR Beberkan Progres Terbaru Pengadaan Tanah IKN

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) /Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto melaporkan progres penyusunan tata ruang dan pengadaan tanah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Dalam hal ini, ia telah menetapkan 9 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menjadi Peraturan Kepala (Perka) Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).

Informasi ini dilaporkan Hadi dalam Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Percepatan Penyelesaian Permasalahan Lahan dan Investasi di IKN yang diselenggarakan secara daring pada Minggu (23/07/2023).

Progres ini disampaikan langsung kepada Ketua Satgas Perolehan Tanah dan Investasi IKN sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Untuk RDTR sudah berjalan baik dan tidak ada masalah, serta Kepala OIKN sudah menyerahkan terkait progres pelepasan hutan kurang lebih sebanyak 36 ribu dan sudah ditandatangani, sehingga menyoal permasalahan tersebut sudah selesai,” kata Hadi, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (26/7/2023).

Sedangkan dari segi pengadaan tanahnya sendiri saat ini telah selesai. Hadi mengatakan, saat ini sebagian masih dalam tahap pembayaran. Adapun paket pengadaan tanah IKN ini total berjumlah 12 paket.

“Ada 12 paket pengadaan tanah di IKN, 7 paket sudah selesai dan 5 paket masih dalam proses kita selesaikan. Kelima hal tersebut masih dalam proses pembayaran, kita targetkan akan selesai secepatnya dan akan lebih baik kami juga meminta bantuan PPK dalam hal ini PUPR dan LMAN untuk proses pembayaran tersebut bisa dipercepat,” jelasnya.

Hadi pun merincikan 12 paket pengadaan tanah tersebut meliputi IPAL dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN; Dermaga Logistik, Fasilitasi Bendungan Sepaku Semoi, Bendungan Sepaku Semoi Tahap I, Intake Sungai Sepaku Tahap I, Perubahan Intake Sungai Sepaku Tahap II, dan Infrastruktur IKN Tahap I.

Selanjutnya ada SPAM Instalasi Pengelolaan Air KIPP, Bypass Shortcut Pasar Sepaku, Bendungan Sepaku Semoi Tahap II, Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, serta Jalan Tol Akses menuju IKN (Karang Joang-KTT Kariangau-Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang).

Komentar