Pengamat Sepak Bola Vietnam: Timnas Indonesia di Bawah Asuhan STY Akan Sulit di Kalahkan

JurnalPatroliNews – Jakarta –Kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao mengundang perhatian Vietnam. Skuad Garuda di bawah arahan Shin Tae-yong kini bakal amat sulit dikalahkan.

Quang Huy, pengamat sepakbola asal Vietnam, menyebut keberhasilan Indonesia dua kali mengalahkan Curacao adalah bukti polesan tangan dingin Shin Tae-yong.

“Coach Shin membantu persepakbolaan Indonesia menjadi lebih baik, lebih bertekad. Kini tim-tim Asia Tenggara bakal amat sulit untuk menang lawan Indonesia,” kata Quang Huy seperti dilansir media Vietnam kenh14.vn.

Yang Berbeda dari Timnas Indonesia-nya Shin Tae-yong

Dalam pandangannya, Skuad Garuda kini sudah punya sikap berbeda di bawah polesan Shin Tae-yong. Salah satu yang utama adalah soal kedisplinan.

“Disiplin adalah hal mendasar yang membantu sepakbola Indonesia berkembang di bawah Shin Tae-yong,” ucapnya.

“Indonesia selalu punya kecintaan besar terhadap sepakbola. Seperti Vietnam, mereka juga punya pemain-pemain berbakat. Tapi di masa lalu kedisiplinannya kurang bagus, yang mana juga dipengaruhi aspek-aspek sosial lainnya.”

Ia melanjutkan, setelah melihat aksi Skuad Garuda arahan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020, ia sudah merasa Timnas Indonesia akan menjadi pesaing berat Vietnam yang juga dilatih juru taktik Korea, Park Hang-seo.

Quang Huy menyebut, salah satu elemen yang membuat timnas Indonesia berbahaya saat dilatih Shin Tae-yong adalah kemampuan dalam memberikan kejutan di tengah pertandingan. Itu yang disebutnya perlu ditiru Vietnam.

“Menurutku, kita butuh faktor untuk mengejutkan lawan seperti Indonesia. (Walaupun) pemain pilar kita untuk generasi berikutnya masih lebih tangguh daripada Indonesia. Untuk inovasi segar dalam permainan, kita butuh elemen baru.”

Komentar