Pengembang Vaksin Anti-COVID : Tidak Ada Satu Vaksin pun Yang Dapat Menjamin Perlindungan 100%

Jurnalpatrolinews – Moskow : Tidak ada satu vaksin pun yang dapat menjamin perlindungan mutlak dari virus korona baru dan mereka yang telah pulih dari penyakit tersebut dapat tertular lagi, kata pengembang vaksin anti-coronavirus Rusia dalam wawancara untuk film Naili Asker-zade “Virus berbahaya. Tahun pertama” di saluran TV Rossiya-1.

“Tidak ada satu vaksin pun yang dapat menjamin perlindungan mutlak,” kata Alexander Gintsburg, direktur Pusat Penelitian Nasional untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, yang mengembangkan vaksin Sputnik V.

“Tidak ada yang dijamin tidak terinfeksi ulang. Bahkan mereka yang sudah mengidapnya,” kata Rinat Maksyutov, direktur jenderal Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Vector State, pengembang vaksin Epivaccorona.

Dua vaksin anti-coronavirus yang dikembangkan di dalam negeri telah terdaftar di Rusia. Salah satunya, Sputnik V, dikembangkan oleh Pusat Riset Nasional Gamaleya untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi Kementerian Kesehatan Rusia, yang lainnya, Epivaccorona, dikembangkan oleh Pusat Vektor. Satu lagi, yang dikembangkan oleh Pusat Ilmiah Federal Chumakov untuk Penelitian dan Pengembangan Produk Kekebalan Tubuh dan Biologi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, diharapkan akan segera terdaftar.

Komentar