Penting Untuk AS! Pahami Kebijakan Hilirisasi, Luhut Titip Pesan Pada Orang Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menitipkan pesan kepada seorang jurnalis asal Amerika Serikat (AS) untuk menuliskan berita yang bisa memberikan pemahaman kepada negara-negara maju termasuk AS agar bisa memahami kebijakan hilirisasi mineral mentah di Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Luhut dalam akun sosial media Instagram pribabdinya, @luhut.pandjaitan. Dia mengatakan pesan yang dititipkannya kepada jurnalis media New York Times itu disampaikan saat dirinya bertemu dan memberikan paparan kepada jurnalis itu.

Adalah Peter Goodman, seorang jurnalis senior yang tertarik untuk mendalami dunia hilirisasi mineral di Indonesia. Tanpa ragu, bahkan Luhut klaim perbincangannya dengan Peter sekalian mengisi waktu luang saat hari liburnya.

Luhut mengatakan bahwa justru larangan ekspor mineral mentah dari Indonesia untuk bisa dihilirisasi di Indonesia bisa mempermudah AS dalam mendapatkan akses suplai material lithium baterai dari nikel di Indonesia.

“Saya juga ingin Peter mencatat dalam tulisannya nanti bahwa kami ingin negara maju memahami satu hal yang penting, larangan eskpor nikel yang kami putuskan saat ini secara tidak langsung mempermudah Amerika dan negara lainnya untuk mendapatkan akses terhadap suplai material lithium baterai dari nikel,” jelas Luhut dalam akun Instagram pribadinya, dikutip Jumat (21/7/2023).

Hal tersebut, lanjut Luhut, mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki teknologi untuk mengelola nikel kadar rendah menjadi bahan lithium baterai. “Mengingat Indonesia adalah salah satu negara yg berhasil menerapkan teknologi HPAL untuk pengolahan nikel kadar rendah menjadi bahan lithium baterai,” tambahnya.

Komentar