Potensi Migas Jumbo, Dahsyat! Blok Warim Papua Simpan Minyak Sampai 25 Miliar Barel

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan adanya potensi sumber daya minyak dan gas bumi (migas) jumbo yang berada di Blok Warim Papua. Bahkan potensi minyak yang berada di Blok Warim dapat mencapai 25 miliar barel per hari.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pemerintah akan mengoptimalkan produksi migas di dalam negeri. Salah satunya melalui pengembangan Blok Warim. “Jadi di Warim itu potensi minyak 25 miliar barel. Kalau betul-betul, 20 persen saja bisa diambil, 5 miliar itu sudah baik lah buat Indonesia. Apalagi juga gas-nya potensinya sampai 47 TCF,” kata Arifin dalam konferensi pers di Gedung Kementerian ESDM, Senin (30/1/2023).

Meskipun, mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Namun, wilayah kerja yang berlokasi di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini tersebut berada di dalam area hutan nasional lorentz.

“Padahal tetangganya di Papua Nugini sudah menghasilkan minyak dan ada LNG fasilitas,” ujarnya. Oleh sebab itu, pemerintah akan mencoba mengoptimalkan sumber daya alam yang ada di dalam negeri. Pasalnya, jika didiamkan saja, Indonesia akan kehilangan devisa untuk impor.

“Tentu saja harus kita antisipasi. Kita sedang mengupayakan berbicara dengan KLHK tapi ini juga terkait penetapan dari Unesco, kita berharap akan ada solusi yang baik gimana kita bisa memanfaatkannya,” ujarnya.

Komentar