Pulsatpurmar 8 Teluk Ratai Bekali Satgasmar Pam Pulau Terdepan Dengan Pengetahuan Non Profesi

JurnalPatroliNews – Dispen Kormar (Lampung) – Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 8 Teluk Ratai Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selaku penyelenggara Latihan Pratugas Satuan Tugas (Satgas) Operasi Marinir Pengamanan (Pam) Pulau Terdepan XXIV (Puter) Wilayah Barat bekali materi pengetahuan di luar profesi Militer kepada prajurit Korps Marinir yang akan melaksanakan penugasan Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter). Kec. Teluk Pandan, Pesawaran Lampung. Jum’at (26/06/2020).

Dalam Latihan kali ini selain Pengetahuan Profesi Militer, Puslatpurmar 8 Teluk Ratai juga berkoordinasi dengan beberapa instruktur dari Dinas pemerintahan yang dibutuhkan untuk memberikan bekal pengetahuan penting yang berkaitan dengan penugasan ini, dinas terkait tersebut diantaranya dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian atau Ketahanan pangan, BNN, Bea Cukai, Kehutanan dan Keimigrasian.

Komandan Puslatpurmar 8 Teluk Ratai, Letkol Marinir Data dalam hal ini selaku Waka Wasdal latihan Pratugas ini menyampaikan “Materi – materi yang disampaikan Instruktur dari luar instansi militer ini sangat penting untuk menjadi bekal prajurit nanti di penugasan, dimana daerah penugasan berbatasan langsung dengan negara tetangga, sehingga setiap personel Satgas harus mampu hadir menjadi perwakilan kedaulatan negara dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul nantinya”.

Adapun yang sudah disampaikan para instruktur, dimulai dari pengenalan jenis – jenis Narkoba dan penanggulanganya, penanganan pelintas batas, pemeriksaan Paspor, kepabeanan barang – barang yang diperbolehkan diekspor dan import, barang – barang yang dikenakan cukai dan pita cukai serta cara pengecekan kapal sampai ke pembinaan Wilayah Maritim.

Prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Latihan Pra Satgas Pengamanan Pulau Terdepan XXIV ini kedepan akan bertugas di pulau terdepan diantaranya; Pulau Berhala, Pulau Rondo, Pulau Sekatung dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

Komentar