Sambut 1 Muharram 1444 H, Citayam Fashion Week Jadi Titik Lokasi Pawai Obor Warga Tanah Abang

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pawai obor warga Tanah Abang tiba di lokasi Citayam Fashion Week (CFW) di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

 Rombongan pawai obor itu langsung menyita perhatian warga yang ada di lokasi.

Pantauan rekan media, Jumat (29/7/2022) pawai obor warga tiba di CFW sekitar pukul 21.15 WIB. Di lokasi warga bersorak takbir ‘Allahu Akbar Allahu Akbar’.

Tampak salah satu peserta pawai obor membawa papan bertuliskan ‘Selamat Tahun Islam 1444 Bubarkan LGBT di CFW’.

Sejumlah warga tampak mengabadikan pawai obor itu melalui kamera ponselnya.

Sejumlah petugas kepolisian berjaga mengatur rombongan pawai obor agar terus berjalan dan tidak berkerumun di lokasi. Pawai obor kemudian menuju ke Jl Jenderal Sudirman. Setelah itu pawai obor membubarkan diri di Jl Kebon Raya.

Alasan Warga Pawai Obor di CFW

Sementara itu, para peserta pawai sempat berhenti di kawasan Citayam Fashion Week dan dengan antusias melantunkan salawat. Salah seorang peserta pawai, Sri Soleha (51) menyebutkan pemilihan lokasi CFW ini dilakukan agar para anak muda menyadari salah satu hari penting bagi umat Islam.

“Soalnya ini kan sekarang menjadi center, di mana-mana tuh ke sini. Jadi kita sekalian supaya anak-anak muda tau lah kalau ini malam 1 Muharam,” jelas dia kepada wartawan, di Dukuh Atas, Jumat (29/7/2022).

Dia pun mengaku pemilihan lokasi Citayam Fashion Week sebagai rute pawai obor baru saja diputuskan oleh warga.

 “Enggak sih, baru kemarin kalau nggak salah,” ucap dia.

Sri menyebutkan, ada sekitar 1.200 warga yang mengikuti pawai obor ini. Para peserta terdiri dari gabungan orang dewasa dan anak-anak yang tinggal di kawasan Tanah Abang.

“Dari Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, dari 48 ormas (organisasi masyarakat) di Tanah Abang, gabung semua disini,” jelasnya.

Pawai Obor Bikin Lalin Macet

Sebelumnya, Warga Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), menggelar pawai obor untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijirah. Pawai tersebut membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan.

Terpantau warga mulanya berkumpul untuk pawai obor di depan kantor Kecamatan Tanah Abang pukul 20.00 WIB, Jumat (29/7).

Komentar