HeadlineMetroNasional

Segini Harga Emas Raksasa, Ternyata Cuma 50 Kg Di Puncak Monas, Terungkap Masih Ada 22 Kg Lagi..?

Beno
×

Segini Harga Emas Raksasa, Ternyata Cuma 50 Kg Di Puncak Monas, Terungkap Masih Ada 22 Kg Lagi..?

Sebarkan artikel ini
Monumen Tugu Monas/Net

 JurnalPatroliNews – Jakarta – Jika berkunjung ke Monumen Nasional atau lebih dikenal Monas, dari kejauhan terlihat bara emas raksasa yang berada di puncak bangunan ini. Wisatawan yang berkunjung ke Monas kerap kali mengabadikan gambar mereka dari kejauhan seakan memegangi emas Monas tersebut.

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi Monumen Nasional @monumen.nasional total emas raksasa di puncak monas sebesar 72 kilogram (kg). Namun ternyata, jumlah tersebut tidak seutuhnya berada di puncak Monas. Pasalnya hanya 50 kg saja yang terletak pada Lidah Api Kemerdekaan yang berada di atas Pelataran Puncak Monas. Lantas, ke mana sisa 22 kg emas lainnya? Ternyata, 22 kg emas lainnya berada di Ruang Kemerdekaan. Emas tersebut melekat pada pintu gapura kemerdekaan, burung Garuda Pancasila, dan kepulauan Indonesia.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Jika Anda berkunjung ke Monas, ada sebuah ruangan edukasi yang akan menceritakan tentang sejarah Indonesia. Di sana terdapat Ruang Kemerdekaan yang merupakan ruangan berbentuk persegi yang dikelilingi amphitheater yang menyimpan 4 simbol kemerdekaan bangsa Indonesia. Di dalam ruangan tersebut, Anda dapat mendengar suara asli Bung Karno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 silam.

Sambil mendengarkan suara Bung Karno, Anda dapat melihat salinan naskah proklamasi yang disimpan pada kotak kaca di dalam pintu gerbang yang dikenal dengan nama “Gerbang Kemerdekaan” yang berlapis emas dan dihiasi bunga wijaya kusuma. Jika dihitung jumlah keseluruhan emas yang ada di Monas tersebut, maka totalnya bisa mencapai Rp 69,8 miliar. Jumlah ini didapatkan jika mengacu pada perhitungan harga emas Antam di laman Logam Mulia per 28 Januari 2023.

Harga emas antam Sabtu (28/1/2023) berada di kisaran Rp 970.600.000 per kg. Itu artinya, untuk menghitung total keseluruhan emas Monas, Rp 970.600.000 dikalikan 72, maka hasilnya menjadi Rp 69.883.200.000. Namun, perlu menjadi catatan ini merupakan harga yang muncul dari perhitungan kasar harga emas Monas berdasarkan harga emas Antam hari ini, Sabtu (28/1/2023). Itu artinya, nominalnya dapat berubah tergantung waktu dilakukannya perhitungan.

Penulis: lk/*Editor: Beno