Sejatinya Aprilia Manganang Laki-Laki, Ini Penjelasan KSAD Andika Perkasa

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa , menyatakan Serda (Sersan Dua), Aprilia Manganang, menderita hipospadias sejak lahir sehingga dianggap perempuan. Padahal, Jendral TNI Andika Perkasa menegaskan, bahwa Aprilia sejatinya adalah laki-laki.

Sekadar informasi, Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang urinpenis berada dibagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan serius.

Patut disayangkan, Aprilia tidak bisa menangani kondisinya dengan maksimal karena kondisi ekonomi keluarganya yang kurang mampu. Hal itu membuat Aprilia berstatus perempuan pada segala hal administrasi kependudukan.

Namun, kelainan Aprilia mendapat perhatian TNI, tempatnya mengabdi sejak 2016 silam. Jenderal TNI Andika Perkasa pun membantu Aprilia agar kelainan ini bisa ditangani dengan baik.

Aprilia menjalani corective surgery untuk menangani kelainannya. Aprilia menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencanannya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia.

Aprilia Manganang Laki-Laki. Foto: Info TNI

“Anak ini termasuk dalam kasus Hipospadias serius sehingga paramedis, yang membantu kelahirannya, dan orang tua menilai secara fisik, bahwa dia perempuan,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Dari pemeriksaan urologi, Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ-organ internal jenis kelamin perempuan,” tegasnya.

Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan itu dalam konferensi pers di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Selasa (9/3/2021), sore WIB. Pernyataan Jenderal TNI Andika Perkasa sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat tentang sosok Aprilia.

(*/lk)

Komentar