Uji Coba Peluncuran Rudal Balistik Antarbenua, Korut Tembak Dua Rudal Balistik Jarak Pendek

JurnalPatroliNews – Jakarta –Korea Utara dilaporkan telah menembakkan sepasang rudal balistik jarak pendek di lepas pantai timurnya, hanya dua hari setelah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM).

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, pihaknya mendeteksi dua peluncuran di utara Pyongyang pada Senin pagi (20/2) waktu setempat.

Sebagai tindak lanjut, Korea Selatan meningkatkan postur pengawasan dan mempertahankan kesiapan dalam koordinasi yang erat dengan Amerika Serikat (AS).

Penjaga pantai Jepang juga mengeluarkan peringatan atas kemungkinan peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara.

Mengutip Kyodo News, rudal pertama diyakini telah mendarat di perairan di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Peluncuran pada Senin pagi dilakukan bersamaan dengan munculnya pernyataan peringatan dari Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

“Frekuensi penggunaan Pasifik sebagai jarak tembak kami bergantung pada karakter aksi pasukan AS,” kata Kim Yo Jong dalam pernyataan yang dikutip KCNA.

Meski tidak dirinci, namun pernyataan Kim Yo Jong tampaknya merujuk pada pesawat pengebom supersonik jarak jauh B-1B AS untuk latihan militer bersama Korea Selatan dan Jepang pada Minggu (19/2). 

Komentar