Upacara 17 Agustus 2024 Digelar di IKN, Ini Kata Luhut!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyatakan bahwa upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024 akan dilangsungkan di Ibukota Nusantara (IKN). Menurutnya, infrastruktur fisik di lokasi tersebut sudah mencapai tahap 80% pembangunan.

“Ya, yang tadi ada yang pending-pending, kalau jalan tol hampir semua selesai dan 17 Agustus upacara bisa dilakukan di sini. Kalau ada jalan kurang bagus saya kira itu bisa berproses. 80% sudah bisa selesai untuk 17 Agustus ini dan semuanya berjalan dengan baik,” kata Luhut saat mengecek proyek IKN di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2024).

Luhut menjelaskan bahwa kesiapan infrastruktur di IKN saat ini sudah sangat baik, seperti hampir selesainya pembangunan jalan tol dari Balikpapan menuju IKN.

Tidak hanya itu, proyek Bandara VVIP IKN juga diharapkan dapat beroperasi pada tanggal tersebut. Bandara VVIP tersebut nantinya akan menerima penerbangan dari maskapai secara umum.

“Airport itu akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi 3 pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus,” sebutnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menambahkan bahwa pemerintah terus berupaya menyelesaikan 2.086 hektare lahan yang masih belum bersih. Hal ini sangat penting agar pembangunan infrastruktur di IKN tidak terhambat.

“Jadi gini, supaya lebih anu lagi. Kalau setahu saya namanya tanah tadi bagian dari 2.086 hektare teutama yang kena tol (ruas) 6a 6b dan kawasan keagamaan, termasuk di hulu Sepaku yang menyebabkan banjir,” ucap Basuki.

Komentar