Upaya ‘Tabur Garam’, BMKG Ingatkan: Hari Pertama 2023 Cuaca Buruk, Waspadai Wilayah Ini

JurnalPatroliNews – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca pada awal tahun 2023.

Sebagian wilayah DKI Jakarta akan mengalami potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. “Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari,” tulis keterangan BMKG dalam website resminya, Minggu (1/1).

Hujan deras tidak turun di Jakarta dan sekitarnya pada malam tahun baru 2023 ini. Sebagaimana disampaikan akun resmi BMKG (@infoHumasBMKG), Sabtu (31/12/2022) jelang pergantian tahun, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, hal itu berkat upaya ‘tabur garam’ di awan hujan.

Puluhan ton garam ditabur di atas perairan Selat Sunda, berdekatan dengan Gunung Krakatau dengan ketinggian 10 ribu kaki. Awan-awan digugurkan dini supaya tidak turun menjadi hujan di permukiman Jabodetabek dan Jawa Barat.

Sehingga, awan-awan hujan telah berhasil terhadang agar tidak turun di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. “Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyebut operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan guna mencegah cuaca ekstrem dan tingginya intensitas hujan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat berhasil,” cuit BMKG.

Operasi TMC merupakan kolaborasi BMKG bersama BRIN, BNPB, TNI AU, Pemprov DKI, Pemprov Jabar, dan Kementerian Perhubungan.

TMC ini diterapkan sejak 29 Desember 2022. Sedikitnya 30 ton NaCL atau garam disemai menggunakan dua pesawat Cassa 212 dan CN 295 dari Skadron Udara 4 Lanud Abduulrachman Saleh, Malang. “Alhamdulillah, operasi TMC yang digelar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek dan Jawa barat berjalan sesuai rencana dan bisa dikatakan berhasil, sehingga tidak terjadi hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek pada tanggal 30 Desember yang lalu, karena berhasil dikurangi intensitasnya,” ungkap Dwikorita.

Sementara, peringatan dini cuaca wilayah Jabodetabek tanggal 01 Januari 2023 pkl. 07:45 W1B masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pkl 08:00 WIB.

Komentar