WHO Resmi Nyatakan Varian Omicron Mengkhawatirkan, Profesor Ilkes Kyoto: Omicron Menularkan Lebih Banyak

JurnalPatroliNews – Jakarta,– World Health Organization (WHO) secara resmi memasukkan Omicron ke dalam Varian of Concern (VOC) atau varian yang mengkhawatirkan. Omicron dilaporkan memiliki banyak strain atau mutasi dibanding varian Alpha, Beta dan Delta yang dianggap menular. Ada 32 mutasi protein lonjakan yang dibawa varian itu.

“Varian Omicron menularkan lebih banyak, dan lolos dari kekebalan yang dibangun secara alami dan melalui vaksin lebih banyak,” sebut Dr Hiroshi Nishiura, Profesor Ilmu Kesehatan dan Lingkungan Universitas Kyoto Spesialisasi dalam permodelan matematika penyakit menular dalam temuannya yang dipresentasikan dalam acara pertemuan panel penasihat Kementerian Kesehatan, Rabu (8/12/2021).

Ratusan peneliti di dunia saat ini berlomba untuk memahami varian baru yang memiliki strain paling beda di antara varian lainnya. Afrika Selatan mengalami peningkatan 20.000 kasus per hari sejak ditemukan Omicron di negara tersebut.

“Kita perlu memperhatikan tren masa depan untuk melihat apakah hal yang sama akan terjadi di negara-negara di mana vaksin mRNA digunakan pada tingkat yang tinggi,” jelas Hiroshi.

Komentar