Inalillahi! Politisi Kawakan Bandung, Oded Muhammad Danial Berpulang

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Berita duka muncul dari Jawa Barat, Wali Kota Bandung, meninggal dunia pada Jumat (10/12) saat sedang menunaikan salah satu sunah menjelang Salat Jumat di Masjid Muhammadiyah.

Pria kelahiran Tasikmalaya, 15 November 1962 itu dikenal di dunia politik sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Oded dikenal sejak mendampingi Ridwan Kamil saat masih menjabat Wali Kota Bandung.

Almarhum  pernah duduk di DPRD Kota Bandung pada 2004-2009. Saat itu, Ia juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Bandung PKS.

Pada 2013, Oded mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Bandung. Dia berpasangan dengan seorang Teknokrat yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat, yaitu Ridwan Kamil dan meraup 45,24 persen suara dan menyingkirkan 7 pasangan calon lainnya.

Setelah masa bakti selesai, Emil dan Oded berpisah. Ridwan Kamil mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2018. Adapun Oded maju sebagai Wali Kota Bandung di gelaran yang sama.

Kang Oded, sapaan Amarhum, menggandeng Yana Mulyana sebagai calon wakil wali kota. Pasangan yang diusung Gerindra dan PKS itu berhasil menang dengan perolehan suara 50,1 persen.

Hari ini, Oded berpulang. Ia meninggal dunia saat menjalani Salat Jumat. Oded disebut terjatuh saat menyampaikan khotbah.

“Telah berpulang ke rahmatullah Bapak Wali Kota Bandung H. Oded M. Danial hari ini, Jumat 10 Desember 2021, sedang khotbah Jumat,” ujar Humas Pemprov Jabar kepada , Jumat (10/12).

Komentar