Agen Kehancuran: Siapa Saja yang Menciptakan Kekacauan di Dunia dan Mengapa?

JurnalPatroliNews – Ada sejumlah orang yang kemungkinan dapat menyebabkan kekacauan global, namun kekuatan mereka kerap kali tak diperhitungkan.

Di sebuah hari pada 1995, sebuah kelompok sekte kiamat di Jepang membunuh 13 orang dan melukai lebih dari 6.000 lainnya.

Mereka menjadi korban dari serangan gas Sarin di kereta bawah tanah Tokyo, yang dilancarkan oleh kelompok teroris apokaliptik yang dikenal dengan nama Aleph (pada waktu itu bernama Aum Shinrikyo).

Sebanyak 13 orang pelaku diadili dan dieksekusi setelah peristiwa itu.

Salah satu jalur kereta yang diserang pada hari itu (Jalur Marunouchi) menuju Stasiun Shinjuku.

Shinjuku adalah rumah bagi berbagai situs di mana pemerintah Jepang diduga mengubur jenazah korban-korban eksperimen di masa perang.

Mayat-mayat itu konon merupakan hasil mengerikan dari eksperimen Unit 731: program senjata biologis Jepang yang terkenal di masa Perang Dunia Kedua.

Selama lebih dari satu dekade, Unit 731 bertanggung jawab atas sekitar lebih dari 300.000 kematian. Program ini bereksperimen dengan mempersenjatai sejumlah agen biologi, dari botulisme dan pes hingga sipilis dan cacar.

Metode-metode baru yang dikembangkan kemudian diuji coba, termasuk menyebarkan kutu yang telah diinfeksi dengan wabah ke kota-kota di China.

Unit 731 juga terlibat dalam beberapa kekejaman yang tak terbayangkan lain, termasuk melakukan pembedahan hidup-hidup pada para tahanan.

Setelah Perang Dunia 2 berakhir dan Jepang menyerah, para ilmuwan yang terlibat dalam Unit 731 diberikan kekebalan oleh AS.

Untuk menghindari tuntutan hukum atas kejahatan perang, para ilmuwan ini menyerahkan data dari hasil eksperimen manusia dan riset senjata biologis kepada Amerika (meskipun tidak kepada sekutu-sekutunya).

Kisah tentang Aum Shinrikyo menjadi sangat terkenal dan didiskusikan oleh para mahasiswa yang mempelajari kekacauan global dan kepunahan manusia.

Kerap kali, kelompok ini digunakan sebagai contoh bahayanya jika teroris yang memiliki motivasi apokaliptik didanai dengan baik dan memiliki pemahaman ilmiah.

Sementara itu, Unit 731 jauh lebih jarang dibahas. Ini di luar fakta yang mengilustrasikan sejauh mana aktor-aktor berkuasa dapat dan akan bertindak untuk keuntungan mereka.

Selain bahaya yang mereka ciptakan untuk orang-orang China dan yang lainnya, Unit 731 juga bisa memberi konsekuensi menakutkan bagi populasi global. Pasukan persenjataan biologis mereka bisa saja dikembangkan dan digunakan lebih luas.

Komentar