Angkatan Bersenjata AS di Eropa Membawa EUCOM ke Kesiapan Tempur Maksimum Karena Situasi di Donbass

Jurnalpatrolinews – Kiev : Media melaporkan membawa kontingen militer AS di Eropa ke kesiapan tempur penuh. Ini dilaporkan oleh Politico . Menurut wartawan, Komando Eropa Angkatan Bersenjata AS (EUCOM) mengambil langkah tersebut karena tiga alasan: memburuknya konflik di Donbass, penarikan Angkatan Bersenjata Rusia ke perbatasan dengan Ukraina, dan kemunculan serentak tiga kapal selam nuklir dari bawah es Arktik.

Politico menulis bahwa juru bicara EUCOM Wendy Snyder menolak berkomentar tentang masalah tersebut. Dia mengatakan dia tidak berwenang untuk membocorkan persyaratan keamanan operasional. Pada saat yang sama, Snyder mencatat bahwa Komando Eropa AS sedang memantau situasi dengan cermat.

Sehari sebelumnya, Kremlin bereaksi terhadap penguatan pasukan AS dan NATO di sekitar Ukraina. Seperti yang dikatakan sekretaris pers presiden Rusia Dmitry Peskov kepada wartawan pada hari Jumat, jika terjadi kemungkinan penguatan pasukan NATO di sekitar Ukraina, Federasi Rusia akan dipaksa untuk mengambil tindakan tambahan untuk memastikan keamanannya.

Sebelumnya, Senator Rusia Alexei Pushkov meminta Ukraina untuk tidak bergantung pada Amerika Serikat dalam menyerang Donbass.

(***/. dd – plsmail)

Komentar