AS, China dan Negara-negara Lain di Dunia Kekurangan Bahan-bahan Pokok: Mulai Dari Kopi, Batu Bara dan Tisu Toilet – Apa Penyebabnya?

  • Whatsapp
Tiga kapal logistik komersial dipotret dari atas. GETTY IMAGES

JurnalPatroliNews Di seluruh dunia, orang-orang dan dunia usaha menghadapi kekurangan bahan pokok, mulai dari kopi hingga batu bara.

Gangguan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dianggap menjadi penyebab, namun ada banyak faktor dan dampak-dampak yang dirasakan pun berbeda.

BACA JUGA :

China: Batu bara dan kertas

Sebuah “badai yang sempurna” di China tengah menerpa konsumer dan pelaku usaha di dalam dan luar negeri.

Ini memengaruhi pasokan segalanya, mulai dari kertas, makanan, tekstil, dan mainan hingga chip iPhone, kata Dr Michal Meidan dari Institut Studi Energi Oxford.

Ia menyebut barang-barang ini “mungkin akan kekurangan pasokan pada Natal tahun ini”.

Masalah utamanya berasal dari krisis listrik, di mana lebih dari 20 provinsi di negara itu mengalami pemadaman listrik.

Lebih dari separuh listrik di China berasal dari batu bara, yang harganya sedang melonjak di seluruh dunia.

Biaya ini tidak dapat dibebankan ke konsumen China karena batasan harga yang ketat, sehingga perusahaan energi mengurangi output.

Produksi batu bara juga dipengaruhi oleh pemeriksaan keamanan di tambang, aturan lingkungan yang lebih ketat, dan banjir baru-baru ini, kata Dr Meidan.

Artinya, meskipun permintaan barang-barang China melonjak, pabrik-pabrik telah diminta untuk mengurangi penggunaan energi atau tutup selama beberapa hari.

Amerika Serikat: Mainan dan tisu toilet

Pada Natal nanti, “ada beberapa hal yang tak bisa dimiliki oleh orang banyak,” demikian peringatan seorang pejabat Gedung Putih.

Stok mainan akan terdampak, demikian halnya kebutuhan pokok seperti tisu toilet dan air kemasan, baju baru dan makanan hewan peliharaan.

Sebagian dari penyebabnya adalah kemacetan di pelabuhan AS.

Empat dari 10 kontainer pengiriman yang memasuki AS hanya melalui dua pelabuhan – di Los Angeles dan Long Beach, California.

Pos terkait