AS Desak Lebanon Cegah Hizbullah Tembakkan Roket ke Israel

JurnalPatroliNews, Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat mendesak pemerintah Lebanon untuk mencegah kelompok gerilyawan Hizbullah menembakkan roket ke Israel. Hal ini disampaikan ketika ketegangan antara kedua musuh lama itu meningkat.

“Kami mendesak pemerintah Lebanon untuk segera mencegah serangan semacam itu dan menjaga wilayah itu di bawah kendalinya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price.

“Kami sangat mendorong semua upaya untuk menjaga ketenangan,” imbuhnya seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (7/8/2021).

Hizbullah, sebuah gerakan Syiah yang didukung oleh Iran, telah lama memainkan peran yang kuat di Lebanon, yang saat ini tengah dilanda krisis ekonomi yang parah.

Gerakan Hizbullah di Lebanon menyatakan pihaknya menembakkan “puluhan” roket pada hari Jumat (6/8) ke arah Israel, tepatnya ke daerah terbuka di distrik Shebaa Farms yang disengketakan. Serangan roket ini memicu serangan balasan Israel.

Ini adalah pertama kalinya Hizbullah secara langsung mengklaim serangan terhadap Israel sejak 2019, ketika ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan setelah seminggu saling melancarkan serangan.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (6/8/2021), dalam sebuah pernyataan, Hizbullah menyatakan bahwa tembakan roket terbaru pada Jumat (6/8) pagi dilakukan “sebagai tanggapan atas serangan udara Israel” yang melanda Lebanon selatan pada Kamis (5/8).

“Perlawanan Islam menembaki wilayah terbuka di dekat posisi pasukan pendudukan Israel di Shebaa Farms dengan puluhan roket,” kata Hizbullah dalam pernyataannya.
Distrik Shebaa Farms diklaim oleh Lebanon dan Hizbullah. Namun, PBB yang telah mempertahankan pasukan penjaga perdamaian di Lebanon selatan sejak 1978, menganggapnya sebagai bagian dari Dataran Tinggi Golan Suriah, yang diduduki Israel sejak 1967 dan dianeksasi secara sepihak pada 1981.

Sebelumnya pada hari Kamis (5/8), Israel melancarkan serangan udara di Lebanon untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun sebagai tanggapan atas serangan roket lintas batas sebelumnya.

Israel telah berulang kali memperingatkan bahwa mereka tidak akan membiarkan kekosongan kekuasaan dan krisis ekonomi yang parah di Lebanon, merusak keamanan di perbatasan utaranya.

(dtk)

Komentar