AS Mengenang Tentara Turki Menjadi Martir di Idlib, Suriah

  • Whatsapp
Pejuang Suriah yang didukung Turki berkumpul di belakang pengangkut personel lapis baja di sebuah posisi di Afis di pinggiran kota Saraqeb yang dikendalikan rezim, timur provinsi Idlib di barat laut Suriah, 26 Februari 2020. (Foto : AFP)

Jurnalpatrolinews – Washington : AS pada Senin mengenang tentara Turki menjadi martir tahun lalu dalam serangan udara oleh pasukan rezim Bashar al-Assad Suriah di provinsi Idlib barat laut.  

“Lebih dari setahun yang lalu, 33 tentara Turki kehilangan nyawa mereka melindungi warga sipil Suriah yang tidak bersalah di Idlib dari kebrutalan rezim Assad dan pendukungnya dari Rusia dan Iran,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan.

Bacaan Lainnya

“Kami mendukung @NATO Ally Turkey kami dalam mengenang dan menghormati pengorbanan mereka,” tambah Price.

Puluhan pasukan lainnya terluka dalam serangan 28 Februari ketika tentara Turki melindungi penduduk Idlib dari serangan brutal oleh pasukan rezim yang didukung oleh Rusia.

Idlib termasuk dalam zona de-eskalasi yang ditempa berdasarkan kesepakatan antara Turki dan Rusia. Daerah tersebut telah menjadi subjek berbagai pemahaman gencatan senjata yang sering dilanggar oleh rezim Assad dan sekutunya.

Suriah telah dilanda perang saudara sejak awal 2011, ketika rezim Assad menindak pengunjuk rasa pro-demokrasi.

Ratusan ribu orang telah tewas dan jutaan lainnya mengungsi.  (***/. dd – AA)

Pos terkait