Beberapa Asteroid Diameter Sekitar 160 Meter, Lebih Besar Dari Piramida Giza Melintas Bumi Oktober dan November

Hampir semua asteroid yang mendekat pada bulan Oktober dan November masuk golongan kelas Apollo, yang berarti orbit mereka mengelilingi Matahari bisa beririsan dengan jalur orbit Bumi. Namun perlu dicatat bahwa orbit asteroid-asteroid ini lebar dari orbit Bumi.

Satu-satunya yang bukan kelas Apollo adalah 1994 WR12, yang masuk kategori Aten. Artinya, melintas orbit Bumi terhadap Matahari, namun sebagian besar waktunya berada di lingkar dalam orbit Bumi.

Meledak di angkasa Rusia

Secara berkala asteroid — dalam aneka ukuran — melintasi Bumi. Meski kecil, asteroid tetap bisa membawa dampak cukup serius bagi planet kita.

Misalnya pada 15 Februari 2013. Satu asteroid dengan diameter 17 meter meledak di atas Chelyabinsk, Russia.

Ledakannya tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun gelombang kejut yang dipancarkan merusak kaca-kaca jendela di enam kota yang berbeda. Selain itu, 1.500 orang harus memeriksakan diri ke dokter, untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Yang melegakan, NASA memperkirakan dalam kurun 100 tahun ke depan, Bumi tidak akan tertabrak oleh asteroid dari dapan. Istilah ini mengacu pada asteroid yang datang dari arah Matahari.

Asteroid yang datang dari arah belakang, lebih sulit untuk dideteksi.

Pada 16 September lalu, asteroid 2021 SG, yang punya panjang 42 hingga 94 meter melintasi Bumi kita dan para saintis tak tahu sama sekali. Baru keesokan harinya, para pakar mengetahui asteroid yang datang dari arah belakang ini melintasi Bumi kita.

Meski sangat kecil kemungkinannya, tabrakan Bumi dan asteroid tetap dianggap sebagai bencana alam yang paling berbahaya.

Dampak tabrakan bisa mengubah kehidupan Bumi. Para ahli berteori, binatang raksasa dinosaurus punah setelah asteroid menghantam Bumi 65 juta tahun yang lalu.

Karena itulah astronom di seluruh dunia bekerja sama memantau pergerakan asteroid dan menghitung trajektori mereka, untuk memastikan apakah ada yang menjadi ancaman bagi keselamatan warga Bumi.

Komentar